10.8.09

Sirih Merah : Pembasmi Aneka Penyakit

Sirih Merah (Piper Betle L var. Rubrum) - Daun Sirih Merah - Khasiat Sirih Merah

Merebaknya kecenderungan atau trend hidup kembali ke alam (Back to nature)
semakin menambah keingintahuan masyarakat tentang khasiat Tanaman Obat.
Di tengah hiruk pikuknya orang membicarakan Mahkota Dewa dan Buah Merah, muncul tanaman lain yang tidak kalah hebatnya, yaitu Sirih Merah.
Sirih Merah (Piper Betle L var. Rubrum) merupakan tanaman obat yang dapat digunakan untuk membasmi aneka penyakit.
Berdasarkan penelitian Andayana Puspitasari, Apt, dari Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta bahwa kandungan utama pada daun sirih merah adalah Flavonoid, Alkaloid, Senyawa Polifenolat, Tanin, dan Minyak Atsiri.

Khasiat Sirih Merah:

Ekstrak sirih merah mampu mematikan cendawan Chandida Albicans penyebab sariawan, juga berkhasiat mengurangi sekresi pada liang vagina, keputihan akut, dan gatal-gatal pada alat kelamin, sekaligus sebagai pembersih luka.

Secara empiris ekstrak daun sirih merah dalam pemakaian secara tunggal atau diformulasikan dengan tanaman obat lainnya mampu membasmi aneka penyakit, seperti Kencing Manis atau Diabetes Melitus, Peradangan Akut pada organ tubuh tertentu, luka sulit sembuh, Kanker payudara & Rahim, Leukimia, TBC, radang pada Lever, Lemah Syahwat, Ambeien, Jantung Koroner, Darah tinggi, dan Asam urat.

Selain untuk mengobati penyakit di atas, sirih merah juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan organ tubuh yang telah menurun, karena faktor usia.

Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan di atas atau untuk menjaga kesehatan mungkin bisa memulai mencoba mengkonsumsi sirih merah sejak dini.

No comments:

Post a Comment